Monday 9 November 2015

CARA MENGURANGI KEBISINGAN LALU-LINTAS

 CARA MENGURANGI KEBISINGAN LALU-LINTAS

  •        Mengurangi kebisingan lalu lintas dengan mengurangi jumlah kendaraan bermotor di jalan. Saya merangkumnya dalam beberapa opsi, yaitu;
1.      Melakukan penarikan, atau menghancurkan kendaraan bermotor di atas tahun 2000, dan membayar uang ganti rugi.  Karena kebanyakan kendaraan bermotor diatas tahun tersebut memiliki tingkat kebisingan yang cukup tinggi.
2.      Mengoptimalkan moda transportasi masal. Dengan melakukan perbaikan(kenyamanan, keamanan) sarana dan prasarana moda transportasi masal. maka akan sedikit mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, khususnya kebisingan. Pengoptimalan moda transportasi masal memang harus dilakukan agar kapasitas jalan bisa dioptimalkan. Karena menambah kapasitas jalan bukan solusi yang efektif dan efisien untuk mengatasi masalah transportasi. Sebab  jika kapasitas jalan selalu ditambah, maka moda transportasi yang digunakan oleh masyarakat kota juga akan terus bertambah.
3.      Menaikan pajak yang dibebankan kepada moda transportasi pribadi, tidak memperpanjang kelegalan moda transportasi pribadi agar bisa membatasi jumlah moda transportasi pribadi yang berada di sistem pergerakan, membatasi pemilik moda transportasi pribadi dengan cara satu jenis moda transportasi hanya boleh dimiliki satu orang, di dalam suatu kota yang boleh digunakan hanyalah moda transportasi yang bertanda nomor di wilayah tersebut saja dan untuk yang dari luar wilayah harus dibatasi pengoperasiannya.
4.      Menaikan harga bahan bakar yang digunakan oleh moda transportasi pribadi sehingga sumberdaya alam yang digunakan untuk bahan bakar juga bisa lebih awet dan hemat dan tidak sampai kekurangan, dan juga memanfaatkan moda transportasi pribadi untuk digunakan moda transportasi umum, misalnya dengan mewajibkan satu moda transportasi pribadi(mobil) harus dinaiki minimal 3-4orang untuk satu moda transportasi pribadi.
5.      Membangun tempat bagi pejalan kaki atau pedestrian yang nyaman, ini akan membantu dalam mengurangi dampak yang dihasilkan moda transportasi, dengan begitu orang akan berjalan kaki dalam menempuh jarak yang relatif dekat. Dampaknya penggunaan moda transportasi dalam melakukan aktivitas hidup juga akan berkurang.

  •   Membuat peraturan perundang-undangan yang membatasi tingkat kebisingan suatau kendaraan dan melakukan penarikan atau penilangan kendaraan yang melampaui ambang batas kebisingan yang telah di tentukan.
  •  Membuat jalan tol.
  •  Pemilihan lokasi bangunan yang tepat. penempatan gedung serta pengaturan halaman sekeliling dapat mepengaruhi tingkat kebisingan. Rumah sakit misalnya tidak baik di letakkan di tepi jalan raya padat lalu.
  •   Menggunakan pagar hidup(pagar dari tanaman) seperti; pandan bali.
  •   Menggunakan kendaraan berbahan bakar listrik.

3 comments: